T. Kendaraan Ringan SMK Ciledug Al Musaddadiyah

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) merupanakn program pedidikan yang ditujukan untuk mendidik tenaga profesional yang siap kerja dalam bidang Otomotif dan Sepeda Motor, adapun kompetensi keahlian yang diajarkan meliputi : Servis sepeda motor, Servis dimano/motor, Tune Up, Kelistrikan, Servis Mobil, Chasis, Las listrik, Las acetilyn, Stir Mobil.

Kurikulum yang diterapkan pada Jurusan Teknik Kendaraan Ringan adalak KTSP 2006 yang didalamnya selain siswa melakukan belajar – mengajar yang dipandu guru produktif siswa juga dibekali pengetahuan lapangan dengan mengikuti Program Kerja Lapangan  pada perusahaan dan instansi yang bergerak pada bidang Otomotif seperti (ASTRA Indonesia, dan Dunia Usaha / Dunia Industri lainnya.
Diharapkan siswa/siswi Jurusan TKR setelah mengikuti program pendidikan 3tahun, mampu berwira usaha mandiri dalam bidang otomotif atau siswa bisa meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Teknik Kendaraan Ringan adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan system dan subsistem. Oleh karena itu, Teknik Kendaraan Ringan pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua system dan subsistem.

Teknik Kendaraan Ringan yang dulunya adalah Teknik Otomotif, membekali peserta didik dengan ilmu kendaraan ringan  agar mampu melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen – komponen mobil secara mandiri, merawat dan memperbaiki mobil sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrik, merawat dan memperbaiki mobil pada bengkel atau perusahaan dimana tempat ia bekerja, serta menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya dan orang lain.

Tujuan Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Ciledug Al Musadadiyah Garut yaitu membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap, prilaku dan ketrampilan agar kompeten dalam :
  1. Bidang kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang diberikan, sehingga mampu mengembangkan dan mengaplikasikan dalam pekerjaanya secara mandiri dan dapat mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industry sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang handal.
  2. Memiliki karakter, mampu berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam kompetensi keahlianTeknik Kendaraan Ringan.
  3. Menciptakan Lapangan Kerja sendiri atau bewirausaha dalam bidang kompetensi keahlian teknik Kendaraan Ringan.
  4. Melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi sesuai kompetensi yang dimiliki
Lulusan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Ciledug Al Musadadiyah Garut bekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam perawatan dan perbaikan motor otomotif, Perawatan dan perbaikan system pemindah tenaga otomotif,  Perawatan dan perbaikan chasis dan suspense otomotif, Perawatan dan perbaikan system kelistrikan otomotif serta dibekali kemampuan dalam berwirausaha sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, dunia industry.

1 komentar


EmoticonEmoticon