DOKUMENTASI LAPORAN KEGIATAN PENDAMPINGAN GURU SASARAN K-13 CLUSTER SMK CILEDUG AL MUSADDADIYAH GARUT

Kurikulum 2013 (K-13) adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 (yang sering disebut sebagai KurikulumTingkat Satuan Pendidikan) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum_2013

Majunya sebuah bangsa dapat dilihat dari potret pendidikanya. Bangsa akan lebih baik dan maju jika pelaksana roda pemerintahan mau berjuang dan memperbaiki sistem pendidikan sebagai sebuah evaluasi perbaikan generasi bangsa, sistem pendidikan yang harus dinamis misal  kurikulum yang akan berganti dalam periode tertentu yang disesuaikan perkembangan jaman. Untuk itu secara otomatis akan merubah perilaku orang-orang yang berkecimpung didalamnya.

Seperti sekarang ini, adanya perubahan kurikulum dari kurikulum KTSP (2006) diganti menjadi kurikulum 2013 yang akan dimulai Tahun Pelajaran 2016 – 2017, ini pun prosesnya tidak mudah, selalu dan selalu walaupun beberapa sekolah sudah melaksanakan.

Pendidikan tidak lepas dari peserta didik, untuk itu guru-guru yang akan terjun langsung di lapangan (sekolah) secara otomatis harus dipersiapkan. Proses persiapannya tidak semudah kita mebolikkantelapak tangan. Pemerintah perlu mensosialisasikan melalui para instruktur untuk diimbaskan ke guru-guru yang lain, seperti tenaga instruktur nasional diimbaskan ke instruktur provinsi lalu ke instruktur kota/kabupaten kemudian ke guru-guru sasaran, itu membutuhkan waktu tenaga dan biaya yang tidak kecil.

Maka kegiatan pelatihan guru sasaran kurikulum 2013 jenjang SMP yang sedang kita laksanakan ini harus benar-benar diikuti dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, agar kurikulum 2013 yang akan kita lakukan ke depan lebih baik dan dapat diterima oleh peserta didik dengan baik, yang nantinya akan tercipta para penerus bangsa yang handal.

Referesni sumber  :
http://smpn2-kotabekasi.sch.id/pelatihan-kurtilas-bahasa-indonesia-smp-negeri-2-bekasi-tahun-pelajaran-2015-2016/

Berikut ini Dokumentasi Pelatihan Kurikulum 13 (K-13) dilaksanakan di SMK Ciledug Al Musaddadiyah.














0 Comments

Posting Komentar