Diklat Implementasi Guru Sasaran Kurikulum 2013 di SMK Ciledug Al Musaddadiyah

Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat mendapatkan tugas untuk mendidik para guru sebagai persiapan penerapan kurikulum 2013. Alhamdulillah SMK Ciledug Al Musaddadiyah di beri kepercayaan untuk menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara diklat kurikulum 2013 jenjang SMK tingkat kabupaten
 
Para peserta diklat yang terdiri dari guru produktif dari berbagai disiplin ilmu yang sudah dilatih LPMP Jabar akan akan membimbing para guru lainya yang tiap kelompok berisi 40 guru diharpakan dengan diklat seperti ini wajah dunia pendidikan di Indonesia bisa lebih baik lagi.

Pelaksanaan Kurikulum 2013 yang telah dimulai pada tahun lalu, namun implementasi kurikulum ini dalam kenyataannya masih memerlukan banyak perbaikan dan pembenahan, mulai dari penyiapan perangkat modul, buku siswa, buku guru, narasumber, instruktur nasional dan guru sasaran sebagai daya dukung dan penggerak implementasi Kurikulum 2013. Pada tahun ini pemberlakuan kurikulum 2013 hanya pada sekolah sasaran atau piloting (SD, SMP, SMA dan SMK) yang telah ditunjuk, yang diharapkan pelaksanaannya akan lebih baik dan efektif terkait dengan rasional dan elemen perubahan kurikulum atau roh perubahan kurikulum. Semua guru kelas atau bidang studi sekolah sasaran diharapkan telah melaksanakan pada tahun ini.
 
Dilandasi oleh pertimbangan di atas, maka LPMP Bandung sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan memandang perlu mengadakan fasilitasi berupa Kegiatan Diklat Guru Sasaran Implementasi Kurikulum 2013 sebagai wujud partisipasi aktif dalam mensukseskan Implementasi Kurikulum 2013. Pelatihan ini bertujuan agar Guru Sasaran mampu memahami dan mengimplementasikan Kurikulum 2013 di sekolahnya masing-masing, yang antara lain dimulai dari perubahan mindset, proses pembelajaran dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013.
 
Peserta Diklat Guru Sasaran Implementasi Kurikulum 2013 ini adalah Guru SD (kelas 6 dan 3), Guru SMP, Guru SMA dan SMK s peserta (terdiri dari beberapa bidang studi) yang belum pernah mengikuti diklat serupa dan merupakan guru dari sekolah inti atau piloting diwilayah dinas pendidikan kota/kabupaten Garut. Sedangkan penatar dalam kegiatan ini terdiri dari berbagai unsur, yaitu : Pejabat Struktural LPMP Bandung, Instruktur Nasional Kurikulum 2013.

Seperti pada tahun sebelumnya pelaksanaan pelatihan guru sasaran dilaksanakan di Tempat Pelatihan Kurikulum (TPK) yang ditunjuk yaitutersebar di wilayah dinas Kabupaten Garut di Provinsi Bandung. Keberhasilan pelaksanaan diklat di TPK pada Guru Sasaran (GS) perlu didukung oleh sarana dan prasarana TPK yang memadai, termasuk didalamnya sumber daya manusia sebagai tim panitia. Tim panitia TPK terdiri dari kepanitiaan dan operator aplikasi manajemen pelaporan diklat kurikulum.
Kegiatan Diklat Guru Sasaran Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015 dilaksanakan selama 6 hari, mulai Hari Kamis – Selasa, tanggal 25 Juni s.d 30 Juni 2015.

0 Comments

Posting Komentar