Serba Serbi SBMPTN 2017 Universitas Indonesia


Menjadi mahasiswa perguruan tinggi negeri adalah impian bagi banyak siswa lulusan pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK) dan sederajat di Indonesia. Terdapat berbagai jalur yang bisa ditempuh untuk meraih impian tersebut, salah satunya adalah melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan digelar pada bulan Juni 2015 ini.

Apakah SBMPTN ?
SBMPTN adalah salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa universitas negeri yang dilakukan dalam skala nasional. Siswa yang dapat mengikuti SBMPTN adalah lulusan pendidikan menengah atau sederajat dan lulusan paket C tahun 2015, 2016 dan 2017.
Di SBMPTN, ujian yang diberikan adalah ujian tertulis. Namun, untuk peserta yang memilih program studi ilmu seni atau keolahragaan terdapat tambahan ujian keterampilan.
Untuk tes tertulis, materi yang diujikan adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek), serta Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum).
Ujian keterampilan dapat diikuti di perguruan tinggi negeri terdekat yang memiliki program studi seni dan keolahragaan.
Ujian keterampilan bidang ilmu seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni terkait, sedangkan untuk bidang ilmu keolahragaan terdiri atas pemeriksaan kesehatan, tes kesegaran jasmani dan keterampilan dasar olahraga.
 Persyaratan Pendaftaran
Terdapat perbedaan persyaratan antara lulusan 2015/2016 dengan lulusan 2017. Persyaratan pendaftaran untuk lulusan 2015/2016 adalah ijazah, sedangkan untuk lulusan 2017 adalah adanya Surat Keterangan Lulus (SKL). Biaya yang ditanggung oleh peserta untuk melakukan pendaftaran adalah sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).

Proses Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan secara online di http://pendaftaran.sbmptn.or.id mulai 11 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB. Tata cara pengisian borang pendaftaran dapat diunduh di http://download.sbmptn.or.id mulai 4 April 2017. Urutan yang harus dilakukan untuk proses pendaftaran adalah:*
Mengisi data diri di situs web pendaftaran*
Membayarkan biaya pendaftaran seleksi*
Mengisi data pendaftaran di situs web pendaftaran*
Peserta mengikuti ujian*
Khusus untuk calon peserta penerima Bidikmisi yang tidak diterima di PTN melalui SNMPTN 2017, calon peserta dapat mendaftar SBMPTN 2017 tanpa harus membayar biaya seleksi.
Waktu Pelaksanaan
Ujian tulis akan dilaksanakan pada Selasa, tanggal 16 Mei 2017. Sementara itu, ujian keterampilan dilaksanakan pada hari hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2017
Sumber Informasi Resmi
Bila ingin mengetahui informasi lebih detail mengenai SBMPTN, peserta dapat mengakses situs web resmi SBMPTN di http://www.sbmptn.or.id atau dapat bertanya melalui call center 0804-1-456-456 atau helpdesk resmi SBMPTN 2015 di alamat http://halo.sbmptn.or.id. Twitter dapat diakses melalui akun @SekreSBMPTN

0 Comments

Posting Komentar