http://www.smkciledugalmusaddadiyah.sch.id/

Quipperian, tidak terasa SBMPTN 2018 dalam hitungan bulan akan diselenggarakan. Berbagai persiapan mulai dari materi pelajaran, biaya pendaftaran, bahkan mental pun sudah harus sangat mapan. Setiap universitas memiliki passing grade-nya masing-masing untuk setiap jurusan pilihan.



Misalnya, passing grade jurusan IPA di UNPAD tentu berbeda dengan passing grade jurusan IPA di UI. Nah, sebagai siswa yang aktif maka kalian harus rajin-rajin mencari tahu berapa passing grade jurusan yang kamu mau di universitas pilihan kalian.

Berbicara soal ujian SBMPTN 2018, sama seperti tahun-tahun berikutnya, saat ujian nantu tidak hanya ujian tertulis saja yang diadakan, lo. Bagi kalian yang akan memilih jurusan bidang seni atau keolahragaan, minat, bakat, dan kemampuan kalian nantinya tidak hanya diuji lewat Ujian Tertulis tetapi juga Ujian Keterampilan. Ujian Keterampilan ini tentu akan sangat memengaruhi hasil passing grade SBMPTN 2018 kalian.

Nah, biar kamu nggak bingung seperti apa sih Ujian Keterampilan di SBMPTN 2018 itu, lebih baik simak penjabaran di bawah ini yuk bersama Quipper Video Blog.
Bidang Seni

Ujian Keterampilan Seni terdiri dari:

Ujian Keterampilan Seni Rupa yang terdiri dari Tes Menggambar (Suasana/Ekspresi) dan Tes Pengetahuan Seni & Wawasan Seni yang bisa berupa wawancara atau tes potensi kreatif.
Ujian Keterampilan Seni Tari yang terdiri dari Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas Tari, Imitasi Gerak, dan Tes Pengetahuan Seni & Wawasan Seni yang berupa wawancara.
Ujian Keterampilan Seni Musik yang terdiri dari Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, dan Tes Pengetahuan Seni & Wawasan Seni yang berupa wawancara.
Ujian Keterampilan Seni Drama/Teater yang terdiri dari Tes Praktik Monolog, Tes Pantomim, dan Tes Pengetahuan Seni & Wawasan Seni yang berupa wawancara.


Catatan: Ujian Keterampilan di atas wajib diikuti oleh peserta sesuai dengan program studi pilihannya masing-masing. Dalam arti, kalau kamu mau mengambil prodi Seni Tari, maka kamu tidak perlu mengikuti Ujian Keterampilan untuk Seni Rupa.


Bidang Keolahragaan
Untuk Ujian Keterampilan Olahraga terdiri dari 2 jenis tes, yakni:

Tes Kesehatan
Karena bidang keolahragaan pasti berhubungan dengan fisik dan raga, maka sudah pasti Tes Kesehatan akan dilakukan. Bukan sembarangan tes, Quipperian, Tes Kesehatan ini nantinya akan melibatkan tenaga medis seperti dokter atau perawat.

Tenaga medis tersebut dianggap sebagai pihak yang teruji untuk memberikan check up dan rekomendasi hasil apakah kondisi tubuh kamu SEHAT atau TIDAK SEHAT. Keputusan kondisi ini mutlak, tidak bisa diubah-ubah dan akan menjadi syarat apakah kamu diperbolehkan mengikuti tes selanjutnya atau tidak. Bagi kalian yang mau lulus Tes Kesehatan yang satu ini, pastinya harus menjaga kondisi tubuh sebagus mungkin, ya.

Caranya dengan jaga pola makan, pola tidur, dan rajin berolahraga bahkan jauh sebelum Tes Kesehatan hendak dilaksanakan. Dengan membiasakan diri menjaga pola hidup yang sehat, kamu nggak perlu takut lagi dan grabak grubuk begitu Tes Kesehatan untuk lolos passing grade SBMPTN 2018 mau dilaksanakan.

Nah, tapi Quipperian, ada pula beberapa PTN yang tidak punya tenaga medis yang memadai untuk melaksanakan Tes Kesehatan ini. PTN yang mengalami kondisi ini biasanya nanti akan bekerjasama dengan instansi kesehatan terdekat untuk melaksanakan Tes Kesehatan. Tentunya harinya akan berbeda pula dengan ujian keterampilan olahraga lainnya. Karena instansi kesehatannya berada di luar PTN, maka Tes Kesehatan di sini dilakukan maksimal 7 hari sebelum Ujian Keterampilan Olahraga.

Tes Keterampilan Motorik
Nah, dari Tes Kesehatan di atas, kalau kamu direkomendasikan SEHAT, maka akan tes selanjutnya yang harus diikuti adalah Tes Keterampilan Motorik. Tes yang satu ini mirip seperti latihan fisik. Makanya, sebelum kalian mengikuti Ujian Keterampilan, lebih baik persiapkan diri dari jauh-jauh hari karena akan ada banyak saingan, lo.

Tes Keterampilan Motorik ini terdiri dari:
– Lempar Tangkap Bola ke Dinding (Wallpass)
– Lompat Tegal (Vertical Jump)
– Tes Sit-up
– Tes Push-up
– Tes Kelincahan (Illinois Agility Run Test)
– Daya Tahan Kardiorespiratori (Lari 1600m)

Quipperian, itulah tadi beberapa hal dalam Ujian Keterampilan yang perlu kamu perhatikan dan siapkan untuk lulus passing grade SBMPTN 2018 nanti. Apakah kalian sudah siap? Semangat, ya Quipperian! Di mana ada harapan, disitu ada kesempatan untuk berhasil.

Penulis: Serenata
Sumber : 
https://video.quipper.com/id/blog/sbmptn/yuk-siap-siap-lolos-passing-grade-sbmptn-2018-dengan-menyimak-langkah-langkah-ujian-keterampilan-ini/

Posting Komentar

 
Top