http://www.smkciledugalmusaddadiyah.sch.id/

Saat ini bagi para mahasiswa beberapa perguruan tinggi sedang mendekati atau mungkin beberapa sudah memasuki semester baru atau ada juga yang masih libur semester.

Atau mungkin ada juga yang sebelumnya masih duduk dibangku Sekolah Menengah Kejuruan atau Sekolah Menengah Atas [SMA] akan memasuki bangku kuliah. Itu artinya meereka juga akan memasuki semester pertama mereka.

Untuk menghadapi semester baru, maka harus punya tagline,”Semester Baru Semangat Baru”.

Untuk menghadapi semester baru tersebut, berikut ini ada beberapa tips yang semoga saja dapat menjadi bekal pengetahuan dan wawasan untuk para siswa yang baru akan memasuki bangku kuliah atau untuk yang sudah berstatus mahasiswa bisa untuk mempersiapkan semester baru berikutnya, dikutip dari okezone.com dan dilansir dari Collegelife About, Kamis (14/5/2015)

Mengatur manajemen waktu
Mengatur waktu atau menajemen waktu adalah tantangan terbesar bagi mahasiswa [bak mahasiswa baru atau mahasiswa lama]. Agar waktu tidak terbuang sia-sia, cobalah untuk mencari kegiatan yang bisa dilakukan dengan waktu yang tersedia.

Miliki Buku Pegangan
Akan lebih baik jika kamu bisa memiliki buku pegangan yang kamu jadikan sebagai acuan dan pegangan dalam mengerjakan tugas kuliah. Walaupun itu harus dengan meminjamnya di perpustakaan, itu tidak jadi masalah.

Ambil mata kuliah yang rasional
Untuk mahasiswa yang sudah pernah mengambil semester sebelumnya dalam mengambil 20 mata kuliah secara langsung mungkin hal yang baik secara teori. Namun, sebaiknya kamu juga harus sesuaikan dengan kemampuan dirimu. Apabila kamu mengambil keputusan yang kurang tepat [salah], ditakutkan kamu akan mendapatkan nilai yang kurang baik di awal masa kuliahmu.

Cari informasi untuk meminta pertolongan saat terdesak
Terkadang musibah bisa datang kapan saja tanpa kita duga. Karena itu, Ada baiknya anda carilah informasi dimana kamu bisa memperoleh bantuan ketika suatu saat situasi mendesak.

Buat Aturan keuangan yang Baik
Terkadang sebagai seorang mahasiswa baru tentu sulit untuk mengatur keuangan sendiri. Akan tetapi, mau tidak mau kamu harus mulai melatih kemampuan tersebut. Hal ini sebagaimana dilansir dari Collegelife About, Kamis (14/5/2015), pastikan dana yang kamu miliki pada awal minggu cukup sampai dengan akhir pekan tiba lagi, begitu seterusnya

Punya kegiatan ekstrakurikuler
Kamu mungkin saja ingin memiliki waktu istirahat yang cukup banyak jika tidak ada kuliah. Tapi, tidak ada salahnya jika kamu mengikuti beberapa kegiatan, misalnya menjadi volunteer atau bergabung di komunitas-komunitas yang tersedia.

Kelengkapan logistik dan transportasi
Apabila kamu hidup sebagai mahasiswa yang merantau, kamu harus mengecek kembali situasi kamar kost kamu, pilihan makanan dan minuman kamu untuk sehari-hari, dan juga transportasi yang kamu gunakan. Dengan adanya kelengkapan yang kamu miliki tersebut, kamu akan terhindar dari perasaan stress ketika jadi mahasiswa baru.

Luangkan waktu untuk menghilangkan stress
Hampir setiap orang bisa mengalami stress atau kejenuhan. Kamu bisa pergi dengan teman, melakukan hobi yang kamu sukai, dan olahraga untuk mengurangi stress. Kegiatan-kegiatan tersebut berguna untuk menyegarkan kembali pikiran dan menghilangkan stress.

Semoga dari beberapa tips diatas bisa memberikan manfaat untuk para mahasiswa baru ataupun untuk mahasiswa lama yang akan memasuki semester baru. Silahkan dibagikan tulisan ini, semoga memberikan manfaat untuk yang membacanya.

Posting Komentar

 
Top