http://www.smkciledugalmusaddadiyah.sch.id/

Menjadi siswa cerdas tidak hanya menjadi satu impian semua anak sekolah, namun juga bagi para orangtua yang ingin anak-anak mereka pintar dan membanggakan. Banyak cara yang ditempuh oleh mereka, salah satunya ialah mengikuti les tambahan diluar jam sekolah. Selain itu, memberikan suplemen atau vitamin untuk meningkatkan kecerdasan anak.
Pertanyaannya adalah, apakah semua anak bisa menjadi siswa yang cerdas? Jawabannya adalah, YA. Tentu saja bisa, meskipun tingkatannya tidak akan sama. Hasilnya tergantung seberapa besar usaha yang dilakukan.
menjadi siswa cerdas dan pintar
cara menjadi siswa berprestasi
Berikut ini saya akan mencoba berbagi beberapa tips sederhana yang bisa membuat kamu lebih cerdas dan percaya diri:

1. Yakin

Dalam hal ini, kamu harus yakin bahwa kamu akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jika biasanya kamu kurang percaya diri karena kamu merasa kurang pintar di kelas, yakinlah masalah tersebut akan dapat teratasi. Mantapkan dalam hati dan katakan, “Saya akan lebih baik, saya akan lebih cerdas, dan saya akan berjuang untuk mewujudkannya”.

2. Belajar Teratur

Memiliki sistem belajar yang terartur adalah cara yang paling umum, dan mungkin kamu sudah sering sekali mendengarnya. Yang menjadi kunci ialah kata “teratur” nya. Mengapa demikian? Sifat otak manusia memiliki banyak kesamaan dengan sifat tubuh kita. Ada saat dimana otak segar dan fresh, ada pula saat otak kita lelah dan enggan diajak kerja sama. Dengan memahami sifat dasar otak kita, setidaknya kita sudah mau mengerti dan menghargai diri kita sendiri. Selanjutnya adalah alasan mengapa keteraturan dalam belajar akan membuat sistem kerja otak kamu lebih efektif. Sebagai contoh, coba kamu berjalan dengan langkah yang tidak teratur. Cara berjalan yang normal adalah dengan menyamakan gerakan kaki kanan dengan tangan kiri, kaki kiri dengan tangan kanan. Nah, coba kamu acak cara kamu berjalan dan lihat apa yang terjadi. Sekarang kamu tau jika kamu berjalan dengan tidak teratur maka kamu akan merasa lebih sulit dari biasanya. Ketika kamu mampu mengatur waktu; kapan kamu harus belajar dan kapan kamu harus mengerjakan kegiatan lainnya, secara tidak sadar kamu telah memanfaatkan sistem kerja otak kamu secara jauh lebih baik. Logika tersebut hanya sebagai contoh sederhana saja, contoh lainnya bisa kamu cari sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Pendek kata “Belajar Teratur” adalah landasan dasar.

3. Membaca Sebelum Tidur

Menurut kamu, apa yang kebanyakan siswa sekolah lakukan ketika mereka hendak tidur? Gadget, gadget, gadget dan gadget…!!! Betul sekali, kesalahan besar yang sering kamu lakukan adalah hal ini. Sebagian besar orang, termasuk siswa sekolah, menggunakan smartphone mereka hanya untuk bermain-main saja. Dalam kasus ini, adalah media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan seterusnya. Sangat sedikit dari mereka yang memanfaatkan gadget untuk kegiatan yang lebih bermanfaat seperti membaca artikel-artikel tentang ilmu pengetahuan atau yang lainnya. Rubahlah dari sekarang, manfaatkan waktu emas kamu untuk belajar. Rahasianya adalah, otak manusia bekerja lebih baik ketika menjelang tidur sebab otak akan lebih mudah mengingat. MEMBACA SEBELUM TIDUR..!!

4. Belajar Diwaktu Subuh

Selain menjelang tidur, waktu emas lainnya yang paling efektif digunakan untuk belajar adalah pagi hari sebelum fajar. Belum ada penelitian yang menjelaskan mengapa belajar dipagi hari lebih efektif dibandingkan waktu-waktu lain. Saat bangun tidur, tubuh dan pikiran kita 100% fresh setelah sepanjang malam diistirahatkan. Mungkin itu adalah alasan yang paling masuk akal. BELAJAR SEBELUM FAJAR…!!!

5. Membaca dan Menghafal Al-qur’an

Loh apa hubungannya? Tentu saja ada hubungannya. Membaca al-qur’an tidak sama dengan membaca buku biasa. Sulit dijelaskan dan hanya dapat kamu rasakan sendiri. Jika kamu masih kesulitan menghafal, cukup membacanya saja sudah cukup. Manfaat sepenuhnya baru akan kamu rasakan ketika kamu sudah mulai menghafal. Kebiasaan menghafal adalah cara yang sangat baik untuk melatih kecerdasan otak. IQRA…!!!

6. Belajar Bahasa Asing

Banyak penelitian mengatakan bahwa orang yang menguasai banyak bahasa asing cendering lebih cerdas dan percaya diri. Selain membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dimasa depan, belajar bahasa asing juga memberi manfaat yang lainnya seperti memperkaya pengetahuan tentang dunia luar, meningkatkan performa kerja otak kita dengan memberinya hal-hal baru untuk disimpan, dan masih banyak lagi.

7. Rajin Membantu Orangtua

Really? Yes, you gain nothing when parents hope nothing. Meskipun tidak ada hubungan langsung, kewajiban anak yang satu ini sering sekali diabaikan oleh anak-anak. Mereka lebih suka bermain dengan teman atau hanya nge-game di dalam kamar. Hal inilah yang menjauhkan ridho orangtua. Jika orangtua saja kurang bahagia dengan tingkah laku kamu, bukan tidak mungkin kamu semakin sulit meraih apapun yang kamu inginkan. Sebab ridho orang tua adalah pondasi kamu. PENUHI KEWAJIBAN KAMU SEBAGAI ANAK… seperti mereka yang memenuhi kewajibannya sebagai orangtua.

8. Bedo’a

Salah satu firman Allah yang memerintahkan agar hambanya senantiasa berdo’a kepada-Nya bisa kita temukan di dalam surat Al-Mukmin/Ghaafir ayat 60 yang berbunyi,
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka sesungguhkan Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia (benar-benar) berdoa kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran” (QS. Al-Baqarah: 186).
Inilah poin terakhir kita, berdo’a. Berdo’alah saat kamu mempunyai satu keinginan, niscaya Ia akan mengabulakannya. Itulah 8 tips sederhana agar kamu menjadi siswa yang lebih cerdas dan sukses dimasa depan. Jangan lupa share ke teman-teman kamu.

Posting Komentar

 
Top