http://www.smkciledugalmusaddadiyah.sch.id/

 Guru adalah komponen penting dalam sebuah sistem pendidikan. Guru merupakan ujung tombak pendidikan. Walaupun banyak faktor yang mempengaruhi kemajuan pendidikan sebuah bangsa, namun pada hakikatnya tidak dapat disangkal bahwa gurulah faktor terpenting. Guru adalah faktor utama yang langsung bersentuhan dengan subjek pendidikan, yaitu siswa.
Dalam mengajar guru haruslah mempunyai buku pegangan atau buku ajar, untuk memudahkan dalam pembelajaran. Guru harus memahami materi ajar pelajaran yang mereka ajarkan dan mengetahui cara menyusun kurikulum berdasarkan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran yang ditetapkan di sekolah.

Guru menurut UU No. 20 tahun 2003 yaitu pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal, serta pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah, termasuk pendidikan anak usia dini.

Guru adalah orang yang bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan anak didik. Pribadi susila yang cakap adalah yang diharapkan ada pada diri setiap anak didik. Guru didedikasikan dan loyalitas berusaha membimbing dan membina anak didik agar di masa mendatang menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Menurut Ahmad Tafsir, pendidik dalam islam adalah siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didik. Mereka harus dapat mengupayakan seluruh potensi peserta didik, baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Potensi-potensi ini dikembangkan sedemikian rupa dikembangkan secara seimbang sampai mencapai tingkat yang optimal berdasarkan ajaran islam.

Bagi Bapa Ibu Guru silahkan untuk mengunduhnya, semoga bermaanfaat
Sumber

Posting Komentar

 
Top