Kenali dan Pahami Pengertian Paradigma Agar Proses Belajar Selaras!



Halo, guru-guru Quipperian! Sebagai praktisi pendidikan maka kita senantiasa berhadapan dengan berbagai macam pemikiran, pendapat, sudut pandang pelaku pendidikan lain. Pemikiran, pendapat, dan sudut pandang ini tidak berdiri sendiri. Mereka mempengaruhi bagaimana sebuah pengetahuan dipelajari, dipahami, dan disampaikan kembali. Bahkan dalam proses pendidikannya, pemikiran, pendapat, dan sudut pandang ini juga terpengaruh oleh perasaan sang pelaku. Wah, ternyata rumit ya proses belajar sebuah pengetahuan?

Nah, di dalm Quipper Blog kali ini guru-guru Quipperian akan diajak untuk menyelami, berkenalan, dan memahami apa yang disebut sebagai sistem pemikiran, pendapat, dan sudut pandang, atau singkatnya paradigma. Apa sih pentingnya mengenali dan memahami pengertian paradigma tersebut?

Sebagaimana disebut di atas tujuan paling pertama adalah membuat kita sendiri lebih peka akan paradigma rekan-rekan belajar kita, baik guru, murid, dan orang tua. Ketika kita bisa peka terhadap paradigma pelaku pendidikan lain, maka kita dapat memulai sebuah proses belajar yang lebih berempati, berbhinneka, dan inklusif. Hal ini karena kita mampu membedakan mana yang merupakan ilmu pengetahuan umum berbasis ilmiah dan mana yang sekadar distorsi atau gangguan paradigma manusia, singkatnya mitos. Bagaimana guru-guru Quipperian? Siap? Mari kita mulai!

Pengertian Paradigma
Kumpulan keyakinan dan konsep adalah apa yang dikenal sebagai paradigma. Lebih lanjut, pengertian paradigma merupakan seperangkat teori, asumsi, dan ide yang berkontribusi pada pandangan dunia Anda atau menciptakan kerangka dari mana Anda beroperasi setiap hari. Misalnya, Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “cara hidup tradisional,” yang merupakan paradigma karena merujuk pada kumpulan keyakinan dan gagasan tentang apa artinya menjadi seorang tradisionalis.

Bagi orang-orang yang menganggap paradigma sebagai sesuatu yang penting, ia dapat berfungsi sebagai dasar untuk seseorang berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka. Ini menekankan salah satu tujuan paling penting dari paradigma, yaitu membentuk kerangka pemikiran dalam mendekati dan terlibat dengan hal-hal atau orang lain.

Teori Paradigma
Sebuah teori paradigma adalah teori umum yang membantu para ilmuwan yang bekerja di bidang tertentu untuk dapat bekerja dalam suatu kerangka teoritis yang luas. Hal ini oleh filsuf Thomas Kuhn disebut “skema konseptual” ilmuwan. Teori paradigma memberi ilmuwan asumsi dasar, konsep kunci, dan metodologi. Teori paradigma memberikan penelitian mereka arah dan tujuan umum. Ini merupakan model teladan ilmiah yang baik dalam disiplin tertentu. Berikut contoh teori paradigma:

Model geosentris Ptolemy tentang alam semesta (dengan bumi sebagai pusat)
Astronomi heliosentris Copernicus (dengan matahari di tengah)
Fisika Aristoteles
Mekanika Galileo
Teori abad pertengahan dari empat “humor” dalam kedokteran
Teori gravitasi Newton
Teori atom Dalton
Teori evolusi Darwin
Teori relativitas Einstein
Mekanika kuantum
Teori lempeng tektonik dalam geologi
Teori kuman dalam kedokteran
Teori gen dalam biologi

Pergeseran Paradigma
Pergeseran paradigma didefinisikan sebagai “perubahan penting yang terjadi ketika cara berpikir yang biasa tentang atau melakukan sesuatu diganti dengan cara yang baru dan berbeda.” (Kuhn. Thomas. 1962, The Structure of Scientific Revolutions). Pergeseran paradigma terjadi ketika satu teori paradigma digantikan oleh yang lain. Berikut beberapa contohnya:

Astronomi Ptolemian memberikan cara untuk astronomi Copernican.
Fisika Aristoteles (yang menyatakan bahwa benda-benda material memiliki sifat penting yang menentukan perilaku mereka) memberi jalan kepada fisika Galileo dan Newton (yang memandang perilaku benda-benda material sebagaimana diatur oleh hukum alam).
Fisika Newton (yang memegang waktu dan ruang untuk menjadi sama di mana-mana, untuk semua pengamat) memberikan jalan kepada fisika Einstein (yang memegang waktu dan ruang untuk menjadi relatif terhadap kerangka acuan pengamat).
Setelah sebuah teori paradigma terbentuk, maka mereka yang bekerja di dalamnya dapat mulai melakukan apa yang disebut Kuhn sebagai “sains normal.” Ini mencakup sebagian besar aktivitas ilmiah. Ilmu pengetahuan normal adalah bisnis memecahkan teka-teki khusus, mengumpulkan data, membuat perhitungan, dan sebagainya. Sains normal meliputi:

Mengetahui seberapa jauh setiap planet di tata surya berasal dari matahari
Melengkapi peta genom manusia
Menetapkan keturunan evolusi dari spesies tertentu
Namun, begitu sering dalam sejarah sains, sains yang normal menghasilkan anomali — hasil yang tidak mudah dijelaskan dalam paradigma dominan. Beberapa temuan membingungkan hingga tidak akan membenarkan teori paradigma yang telah berhasil. Tapi terkadang hasil yang tidak dapat dijelaskan mulai menumpuk, dan ini akhirnya mengarah pada apa yang Kuhn gambarkan sebagai “krisis.”

Mazhab paradigm klasik berpendapat bahwa saat terjadi pergeseran paradigm maka pergeseran hanya terjadi dalam jenjang pendapat teoritis para ilmuwan yang bekerja di lapangan. Sementara Kuhn berpendapat bahwa dunia, atau kenyataan, tidak dapat dijelaskan secara terpisah dari skema konseptual yang kita amati. Teori paradigma adalah bagian dari skema konseptualnya. Jadi, ketika pergeseran paradigma terjadi, dalam beberapa hal dunia berubah. Atau dengan kata lain, para ilmuwan yang bekerja di bawah berbagai paradigma mempelajari dunia yang berbeda.

Nah, bagaimana guru-guru Quipperian? Sedikit banyak perbandingan dapat kita lakukan kepada kejadian di mana seorang murid susah untuk memahami materi belajar. Bisa jadi murid tersebut sudah memiliki paradigm yang berbeda dengan guru terkait pelajaran tersebut, sehingga susah untuk menerima paradigm guru. Berarti dengan mengenali dan memahami paradigm dapat berperan mengubah cara pandang kita, dan lebih jauh rekan-rekan belajar kita. Jadi bagaimana? Siap berparadigma? Yuk!

Sumber:

https://www.thoughtco.com/what-is-a-paradigm-shift-2670671
https://www.merriam-webster.com/dictionary/paradigm
https://study.com/academy/lesson/what-is-paradigm-definition-development-examples.html
https://www.watertown.k12.wi.us/faculty/wattsp/paradigmandimagination.ppt
https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/school-life/pengertian-paradigma/

0 Comments

Posting Komentar