http://www.smkciledugalmusaddadiyah.sch.id/

Quipperian, apa kabarnya? Semoga sehat selalu dan lancar jaya ya dalam urusan pendidikan. Tidak terasa sedikit lagi SBMPTN 2018 sudah mau diselenggarakan. Berbagai persiapan pun mulai dilakukan, baik dari segi materi pelajaran, biaya pendaftaran, hingga persiapan mental.


Tidak hanya materi pelajaran saja yang harus kamu siapkan dari jauh-jauh hari, tetapi persyaratan ikut SBMPTN pun sudah harus kamu siapkan. Apakah kalian sudah tahu apa saja yang harus dipersiapkan, Quipperian?

Supaya nggak kewalahan menjelang hari H nanti, lebih baik ketahui dulu persyaratan dan prosedur pendaftaran SBMPTN 2018 dari sekarang, yuk. Supaya nantinya kamu cukup fokus untuk lulus passing grade-nya saja, karena perintilan-perintilannya sudah kamu persiapkan dari sekarang.

 Tujuan SBMPTN
Sebelum membahas persyaratan ikutan SBMPTN 2018 lebih jauh, ada baiknya kalau kita tahu dulu apa sih sebenarnya tujuan diadakannya SBMPTN.

SBMPTN merupakan kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Biasanya SBMPTN diselenggarakan setelah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Bagi yang belum lolos SNMPTN, kamu bisa ikutan lagi ujian masuk universitas pilihan kamu lewat jalur SBMPTN.
Tujuan dari SBMPTN sendiri tentunya adalah menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi dan dianggap mampu menyelesaikan studinya di perguruan tinggi dengan baik. Jadi, tidak sembarangan orang yang bisa masuk perguruan tinggi negeri, lo.
Selain dua di atas, tujuan SBMPTN adalah memberi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari 1 PTN di luar wilayahnya.
Catatan: Perlu diketahui untuk lolos SBMPTN kalian harus memenuhi standar passing grade masing-masing program studi (prodi) perguruan tinggi pilihan kalian. Misalnya, standar passing grade jurusan IPA di UNPAD tentu berbeda dengan standar passing grade SBMPTN 2018 jurusan IPA di UGM. Untuk itu, cari tahu terlebih dahulu ya, Quipperian.

Ketentuan Umum SBMPTN
Biasanya ketentuan SBMPTN dari tahun ke tahun tidak pernah berubah, Quipperian alias mirip-mirip seperti tahun-tahun berikutnya. Nah, berdasarkan ketentuan umum SBMPTN tahun lalu atau 2017, SBMPTN merupakan selesi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat.

Hasil seleksi nantinya dilihat berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa. Jenis-jenis ujian ini dibedakan dari prodi apa yang hendak kalian ambil di perguruan tinggi pilihan kalian.



Persyaratan SBMPTN
Pendaftaran
1.  Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2016 dan 2017  harus punya ijazah.
2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2018 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijazah Paket C. Surat Keterangan Lulus minimal memuat informasi jati diri dan foto terbaru kamu dan dibubuhi cap yang sah.

3. Peserta seleksi memiliki punya rekomendasi kesehatan yang baik supaya tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Penerimaan
Setelah mendaftar dan ikut melaksanakan ujian (baik ujian tertulis atau ujian keterampilan), kalian yang diterima nantinya harus merupakan peserta yang sudah lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2018, sehat, serta memenuhi syarat-syarat lain yang ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi pilihan kalian.

Prosedur Pendaftaran
Saat ini belum ada pendaftaran resmi untuk SBMPTN 2018. Tetapi, tahun lalu pendaftaran SBMPTN 2017 dilakukan secara online. Kalian bisa menyimak dulu tata cara pendaftaran tahun lalu di laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Biasanya tata cara pendaftaran tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun, Quipperian.

Untuk informasi terbaru mengenai SBMPTN lainnya, kalian bisa memantaunya selalu di laman https://sbmptn.ac.id/.

Biaya Seleksi Ujian Tertulis & Keterampilan SBMPTN 2018

Memang saat ini belum ada pengumuman resmi tentang biaya seleksi ujian tertulis & keterampilan SBMPTN 2018. Tetapi, seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, biasanya prosedur pelaksanaan SBMPTN tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun. Berikut ini merupakan biaya seleksi ujian tertulis & keterampilan dari pelaksanaan SBMPTN tahun lalu.

Biaya seleksi sebesar Rp200.000, pada SBMPTN 2018 mendatang bisa sama atau bertambah.
Biaya seleksi nantinya bisa dibayarkan melalui beberapa bank, yakni Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN.
Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik lagi dengan alasan apapun.
Nah, Quipperian kira-kira begitulah persyaratan yang harus kalian ikuti dan patuhi untuk SBMPTN 2018 mendatang. Jangan lupa juga perdalam materi-materi pelajaran yang akan diujikan, ya. Jaga selalu kesehatan dan pola hidup, terutama bagi kalian yang nanti harus mengikuti ujian fisik di SBMPTN 2018 mendatang. Good luck, Quipperian!

Penulis: Serenata
Sumber :
https://video.quipper.com/id/blog/sbmptn/sudah-siap-lolos-passing-grade-sbmptn-2018-ketahui-dulu-persyaratan-persyaratannya/

Posting Komentar

 
Top