http://www.smkciledugalmusaddadiyah.sch.id/


PENGALAMAN KULIAH JURUSAN AKUNTANSI

So, apa sih Akuntansi? Kalau dari teorinya sih Akuntansi itu proses mencatat, mengklasifikasi, dan mengikhtisarkan transaksi yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi, lalu melaporkannya dalam bentuk laporan keuangan yang nantinya akan membantu shareholder (pemegang kepentingan) dalam mengambil keputusan.


Pandangan dari  Lulusan Akuntansi     

Well, artikel ini bukan membahas Akuntansi yang secara teori banget loh ya,hihi. Ini cuman sekedar mau sharing aja tentang apa sih Akuntansi, kenapa harus milih Akuntansi, beda Akuntansi sama jurusan lain yang bisa dibilang “mirip”, dan pahit manisnya kuliah di Akuntansi (ceileee bahasanya :-D). Tentu, apa yang nantinya ditulis adalah dari kacamata penulis dan pengalaman penulis, terlepas dari bener atau enggaknya. Oke,cuuus kita mulai ya..
Wuih kok panjang amir yak pengertiannya, bikin pusing. Oke, jadi pada intinya Akuntansi itu ilmu yang mempelajari bagaimana membuat laporan keuangan. That’s the point. Gampang-gampang susah lah. Terus, kenapa harus milih Akuntansi kalau susah begitu? Jawabannya adalah karena lowongan kerja buat seorang akuntan (orang yang berkecimpung dalam dunia Akuntansi) itu bisa dibilang cukup banyak pake banget. Lihat deh tiap ada lowongan kerja di koran-koran, jobfair, web online, mayoritas pasti lagi butuh akuntan, yang notabene berasal dari jurusan a-k-u-n-t-a-n-s-i.

Beda Akuntansi, Manajemen, Ilmu Administrasi

Akuntansi itu beda loh ya sama Manajemen atau FIA (ilmu administrasi). Banyak yang salah kaprah dan menganggap Akuntansi, Manajemen, sama FIA itu sama aja. Beda, Akuntansi itu lebih mempelajari bagaimana mengklasifikasikan tiap transaksi perusahaan dan melaporkannya dalam sebuah laporan keuangan, sedangkan Manajemen itu lebih mempelajari bagaimana memanage perusahaan agar bisa lebih berkembang nantinya (baik dari segi keuangan, SDM, maupun pemasaran), jadi Manajemen.

Baik Akuntansi sama Manajemen bisa dibilang saling melengkapi, Akuntansi mempelajari sedikit ilmu Manajemen, dan begitu sebailknya. Untuk FIA, penulis belum begitu mengerti, cuman FIA juga mempelajari sedikit ilmu Akuntansi dan Manajemen, karena nantinya diharapkan akan bekerja dalam bidang administrasi (administrasi biasanya tidak berakhir pada membuat laporan keuangan). Nah loh, kok kayaknya hampir sama aja ya 3 jurusan ini. Bedaaa.
Kalau kata orang sih ya, Akuntansi itu bisa dibilang ilmu dasar buat kedua jurusan itu (Manajemen dan FIA), jadi ilmu Akuntansi itu akar untuk kedua ilmu itu. Manajemen (apalagi Manajemen keuangan) pasti dan wajib belajar Akuntansi. Meskipun mahasiswa Manajemen dan FIA diberikan matakuliah Akuntansi, tentunya hanya diberikan basic saja, bukan mendalam yang nantinya akan bisa dipelajari di jurusan Akuntansi. Jadi keuntungan dari anak jurusan Akuntansi adalah dia tidak terlalu sulit untuk menghandle tugas-tugas yang bisa jadi merupakan pekerjaan anak jurusan Manajemen dan FIA, karena dasar ilmunya dia pegang. Lain halnya jika kedua jurusan itu mau menghandle pekerjaan orang Akuntansi, wah tentu akan sulit banget, karena mereka kurang mendapat pengetahuan yang mendalam tentang Akuntansi.

Susah gak sih kuliah di Akuntansi?

Hmmm kalau ditanya susah itu relatif ya, tergantung sudut pandang masing-masing orang. Tapi yang pasti, yang bisa masuk di jurusan Akuntansi itu bukan hanya anak IPS ya, anak IPA juga bisa, dan bahkan mayoritas yang masuk Akuntansi itu waktu angkatan penulis itu malah anak IPA. Jadi, jangan anggap enteng ya buat anak IPS. Penulis juga berasal dari jurusan IPS, yang awalnya cukup awam kalo ternyata Akuntansi itu juga banyak diminati oleh anak IPA, jadi kebayang deh saingannya, udah saingan sama sesama anak IPS, ditambah saingan anak IPA yang menambah seru dunia persilatan ujian masuk Akuntansi😛
Tapi kalau udah masuk Akuntansi, materinya g sesulit yang dibayangin kok, asal bermodal niat dan usaha, pasti mulus-mulus aja kuliah di Akuntansi. Trus, kenapa kok cukup banyak anak yang keluar dari jurusan kuntansi ya? Banyak faktor sih, dari yang gak suka dari awal karena dipaksa sama orang tua buat masuk Akuntansi sampai yang gak kuat lihat angka-angka Akuntansi yang selalu muter-muter di kepala.

Tapi banyak juga kok yang awalnya dipaksa oleh orang tua untuk masuk Akuntansi, akhirnya kerasan juga dan bahkan mendapatkan IP (indeks prestasi) yang memukau. Kembali lagi, kalau ada niat dan usaha, semua akan baik-baik aja kok.

Perlu ditekankan sekali lagi ya, belajar Akuntansi itu gak sesulit apa yang dibayangin kok, ya namanya tantangan-tantangan dalam belajar pasti ada (bukan cuman kuliah di Akuntansi, kuliah di jurusan manapun pasti juga begitu), yang penting enjoy aja dan nikmatin tiap tantangan yang kamu hadapi. Hidup itu penuh tantangan, dan tantangan itu yang bikin hidup lebih berwarna.:)
Sekian sedikit ulasan tentang Akuntansi, semoga bermanfaat!
Choice on you, but be wise, coz your choice now will affect in your future life:)

S1, Akuntansi
Ratna Sari Dewi

 Sumber
https://maukulia.wordpress.com/2013/11/04/deep-inside-about-accountancy/

Posting Komentar

 
Top