http://www.smkciledugalmusaddadiyah.sch.id/

Ini Manfaatnya Jika Memilih Jurusan Multimedia di SMK Ciledug Al Musaddadiah.
Jenjang pendidikan SMK kini semakin digandrungi. Memiliki kemampuan serta kesiapan untuk masuk di dunia kerja menjadi nilai lebih. Sehingga, semakin banyak saja siswa yang lebih memilih SMK dibanding jenjang lainnya, termasuk pilihannya terhadap SMK Ciledug Al Musaddadiah.

Di SMK, calon siswa banyak mendapatkan pilihan keahlian, yang disesuaikan dengan keinginannya. Misalnya keahlian Multimedia. Program Keahlian Multimedia di SMK Ciledug Al Musaddadiah, menawarkan banyak peluang. Yang bisa menjanjikan banyak bidang, bagi mereka yang serius menekuni program ini. Seperti apa manfaat dan peluang jika memilih Multimedia di SMK Swasta SMK Ciledug Al Musaddadiyah Garut? Berikut ulasannya.


Menjadi desain Grafis dan Ilustrasi
Bidang ini merupakan yang paling marak di Indonesia. Mengajarkan tentang warna, topografi, dengan sentuhan psikologi. Misalnya membuat komik, karikatur, poster, dan mewarnai dengan menggunakan cat air.
Software yang digunakan seperti Photoshop, Illustrator, Freehand, Color Scheme generator. Sedangkan bidang karir yang ditawarkan: Graphic Designer, Illustrator, Manga Artis, dan Karikatur.

Terjun di dunia Audio atau Musik
Musik merupakan aspek yang menyokong Multimedia. Misalnya ketika mendapat tugas membuat lagu (digital ataupun analog), membuat background music untuk game, maupun film. Software yang dipakai: Cubase4, Music Maker, berbagai macam alat musik.
Karir: Oskestra, singer, band, pengamen (serius ini, istilahnya Serious Street Performers, biasanya jualan CD juga), sound effect maker.

Menjadi Game Design dan Development

Bidang game tertentu (genre), semisal 2D, 3D, casual game, role playing game, multiplayer game, menjanjikan peluang yang sangat besar. Software yang digunakan: Flash, Bahasa C, Maya, 3D Max. Sedangkan karir yang dijanjikan: Game Designer, Level Designer, Producer, Programmer, 3d Artist, Tester.

Menjadi 3D Designer dan Animator
Orang-orang yang menekuni bidang ini biasanya detail oriented. Sehingga terkesan sangat sulit. Bagian dari tugasnya semisal: mempelajari biologi makhluk hidup, terutama untuk karakter, animation, serta membuat kota 3D. Software yang digunakan; Maya, 3D Max, Avid, After Effect. Peluang karir: broadcast (TV), animator, 3D logo designer, character designer, animator.

Menjadi Sineas/Film
Membuat film, mewawancara, scenario, cinematography juga merupakan bagian dari bidang Multimedia. Dengan rincian tugas seperti membuat film pendek, mewawancarai orang, mengedit video clip. Software yang dipakai: avid, adobe after effect. Peluang karir: broadcast(TV), produser, animator, kameraman, editor, dan juga aktor.

Multimedia Management
Bidang ini berkonsentrasi di bidang managemen. Rangkaian tugas seperti perencanaan (planning), produksi, finansial dan komunikasi adalah sedikit contoh tentang apa yang akan dipelajari. Pelang karir: Event manager, theatre manager, visual art and design, project manager di perusahaan multimedia.

Menjadi  Web Design and Developmen
Bidang ini berkonsentrasi dalam pembuatan website. Bahasa pemrograman yang digunakan: HTML, CSS, JavaScript, c#(.net), Java, Php, query database, Action Script.
Karir: web designer, web developer, web application engineer, software engineer.

Menjadi Fotografer
Meskipun mahal, karena harga alat alatnya yang tak terjangkau, namun bidang ini terbilang menjanjikan. Contoh tugasnya seperti: Foto, memfoto dan memfoto lagi, dan mengedit foto
Alat yang digunakan: Digital/analog SLR Camera, Tripod, Lensa
Karir: Photographer panggilan (pernikahan), buka foto studio, fotografer untuk majalah, freelance fotografer, dan sebagainya.

Posting Komentar

 
Top