inilah 15 Jurusan yang Menjanjikan di Masa yang akan Datang


Inilah 15 Jurusan SMK yang Menjanjikan di Masa Depan

Ujian Nasional tinggal menghitung mundur. Pelaksanaannya di bulan April nanti menjadi ujian penentuan bagi setiap tingkatan sekolah untuk maju ke level yang lebih tinggi, tidak terlepas dari para pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bagi setiap pelajar SMP, pasca Ujian Nasional (UN) ada satu tahap lagi yang menentukan yaitu memilih SMA atau SMK.
Jika di SMA penjurusan akan dilakukan setelah setahun melalui pendidikan dasar di kelas 10 maka beda lagi di SMK. Di SMK penjurusan akan langsung dilakukan sejak pertama kali murid mendaftar. Untuk itu bagi kamu yang bingung mau pilih jurusan apa di SMK, berikut adalah 15 jurusan smk yang menjanjikan masa depan.

Jurusan Animasi

Image source: http://tkmpertambangan.net
Image source: http://tkmpertambangan.net

Jurusan SMK yang menjanjikan pertama adalah jurusan Animasi. Layaknya jurusan kuliah desain, di jurusan SMK Animasi ini kamu akan mempelajari bagaimana cara membuat animasi, tentunya pembuatan animasi akan diajarkan dari tingkatan yang lebih rendah dulu. Pertama-tama kamu akan belajar basic animasi hingga pembuatan animasi dengan peralatan canggih.
Prospeknya, jurusan SMK animasi ini bisa melakukan praktik kerja lapangan di beberapa tempat sebagai animator. Dari sini kamu akan mendapatkan pengalaman kerja sebagai animator yang pada akhirnya memudahkan kamu masuk di dunia kerja karena telah menguasai dasar animasi. Atau pun kamu mau melanjutkan kuliah jurusan Animasi, setidaknya ilmu animasi yang kamu dapat di SMK akan memudahkan kamu dalam belajar.

Jurusan Multimedia

Image source: http://smktunasmedia.sch.id
Image source: http://smktunasmedia.sch.id

Jurusan SMK yang menjanjikan selanjutnya adalah jurusan Multimedia. Di jurusan Multimedia pada pendidikan SMK kamu akan diajari seputar pengembanagn web, pengembangan multimedia, pengembangan permainan, hingga tentang produksi sinema dan industri media.
Tidak cuma belajar secara teori, di SMK jurusan Multimedia kamu juga akan diajari secara praktik. Karena memang tujuannya adalah memberi keterampilan khusus maka setelah lulus kamu tentu akan menguasi Multimedia.
Di era serba digital seperti saat ini, jurusan Multimedia sangat banyak dicari. Sebab hampir semua perangkat digital membutuhkan seorang multimedia. Kebayang kan betapa menjanjikannya jurusan SMK yang satu ini?

Jurusan Broadcasting

Image source: http://4.bp.blogspot.com
Image source: http://4.bp.blogspot.com

Hampiir sama dengan Multimedia, jurusan SMK Broadcasting juga menjadi salah satu jurusan SMK yang menjanjikan. Seperti yang kita sadari sendiri bahwa setiap hari media massa terutama televisi dan radio tumbuh dengan pesatnya. Bahkan saat ini televisi telah merambah ke dunia maya seeprti adanya saluran televisi streaming.
Dan semua yang dibutuhkan media penyiaran atau televisi tersebut adalah tenaga broadcaster yang professional. SMK dengan kejurusan yang diajarkan selama tiga tahun akan membentuk tenaga kerja yang profesional. Dengan kata lain jurusan SMK Broadcasting akan sanagt dibutuhkan pada era kebebasan pers seperti saat ini. Tidak sampai disitu, lulusan jurusan Broadcasting juga bisa bekerja di production house yang tidak kalah maraknya seiring banyaknya program televisi.

Jurusan Farmasi

Image source: http://smkfarmasisurabaya.com
Image source: http://smkfarmasisurabaya.com

Beralih ke dunia kesehatan, jurusan SMK Farmasi jadi salah satu jurusan yang perlahan tapi pasti merangkak naik menjadi jurusan SMK yang menjanjikan masa depan. Di jurusan ini para murid akan diajari tentang bahan-bahan kimia hingga peracikan obat.
Pada praktik kerja lapangan nanti jurusan SMK Farmasi dapat berkontribusi pada Apotek hingga Rumah Sakit sebagai tenaga Farmasi. Bahkan jurusan SMK Farmasi juga bisa melakukan praktik kerja lapangan di sejumlah pabrik obat sesuai dengan jurusannya yang mempelajari tentang peracikan obat.
Prospek jurusan ini kedepannya selain bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dengan jurusan yang sama atau sejalan, namun juga bisa langsung terjung ke dunia kerja bidang farmasi. Sejauh ini boleh dikatakan pekerjaan sebagai seorang farmasi adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan masa depan.

Jurusan Analisis Kimia

Image source: http://smktunasmedika.sch.id
Image source: http://smktunasmedika.sch.id

Kalau SMA punya jurusan IPA yang mempelajari Biologi, Fisika, dan Kimia, SMK memiliki jurusan yang langsung tertuju pada analisis kimia. Di jurusan ini siswa akan belajar mengenal zat-zat kimia dan bahayanya serta menganalisisnya. Sekilah jika dilihat dari jenjang pendidikannya, mungkin jurusan SMK terlihat mudah dalam meberikan pelajaran namun selayaknya analisis kimia, jurusan SMK yang satu ini juga menawarkan tantangan yang tidak bisa dianggap remeh.
Sejak memasuki sekolah di kelas 10, para siswa jurusan SMK Analisis Kimia akan memulai pelajaran yang cukup rumit (karena mengenal zat-zat kimia bagaimana pun juga tidak mudah, bukan?). Sebab tidak hanya fokus di Kimia, jurusan SMK Analisis Kimia juga akan menitik beratkan pada perhitungan matematika dan hukum fisika. Namun sebanding dengan proses belajar yang sulit, lulusan Analisis Kimia juga akan sangat dibutuhkan di bidang pekerjaan yang berurusan dengan perkimiaan. Apalagi mengingat jurusan ini belum banyak diterapkan di sekolah-sekolah sehingga lulusannya pun masih sangat sedikit.

Jurusan Tata Boga

Image source: www.smkn2boyolangu.sch.id
Image source: www.smkn2boyolangu.sch.id

Berbanding terbalik dengan jurusan Analisis Kimia, jurusan SMK Tata Boga sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Jurusan SMK ini bisa dikatakan cukup populer diantara orang-orang awam yang tidak mengenal SMK. Namun meski menjadi jurusan yang umum, jurusan SMK Tata Boga tetap menjanjikan masa depan cerah.
Pasalnya jurusan ini memiliki prospek yang sangat luas. Tidak hanya bekerja di restoran atau hotel sebagai juru masak, lulusan dari jurusan SMK Tata Boga bahkan bisa berwirausaha dengan kemampuan memasaknya.
Apalagi saat ini telah menjamur tempat-tempat nongkrong baru ala anak muda yang menawarkan varian makanan penuh inovasi. Dan siapa lagi yang bekerja di balik semua ini jika bukan jurusan Tata Boga atau orang yang pandai masak? Jika kamu ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi pun, jurusan ini memiliki prospek yang baik. Dan tentu saja pengalaman kamu sebagai ahli Tata Boga di SMK akan sangat membantu kamu di perkuliahan jurusan serupa.

Tata Busana

Image source: http://images.solopos.com
Image source: http://images.solopos.com

Siapa bilang alumni jurusan Tata Busana hanya akan berakhir jadi tukang jahit? Salah banget kalau kamu masih mikir kaya gitu! Seperti halnya jurusan fashion design di universitas, jurusan SMK Tata Busana juga mempelajari cara membuat pakaian.
Di jurusan Tata Busana, siswa akan dibekali mulai dari cara menggambar, menggunting pola pakaian, memilih bahan hingga finishing menjadi pakaian jadi. Malah bagi kamu yang tertarik di untuk menjadi desainer dan mengambil kuliah fashion design, jurusan SMK Tata Busana ini bisa menjadi landasan kamu sebelum melangkah ke tahap yang lebih tinggi.
Prospek dari jurusan ini juga menjanjikan kok. Kamu bisa melakukan praktik kerja lapangan atau magang pada desainer, di butik, bahkan di pabrik pakaian (tapi bukan sebagai penjahit yaa melainkan si pembuat konsep pakaian).

Teknik Otomotif

Image source: www.otofinance.co.id
Image source: www.otofinance.co.id

Kata siapa anak teknik cuma bisa tauran dan jauh dari prestasi? Kenyatannya ngga semua anak teknik hobi tauran dan bikin rusuh kok, ada juga anak teknik yang berhasil. Misalnya saja pembuat mobil ESEMKA. Hal ini menunjukkan bahwa Jurusan Teknik Otomotif ngga buruk dan justru jadi salah satu jurusan SMK yang menjanjikan.
Di Jurusan Teknik Otomotif, siswa akan dikenali dengan mesin-mesin otomotif hingga cara merakit transportasi seperti mobil dan motor. Maka jangan heran kalau anak Teknik Otomotif jadi jago ngerakit maupun modifikasi kendaraan. Tapi ngga cuma sampai disitu, mereka juga bisa lho berprestasi dengan membuat sendiri karya mereka atau bekerja di perusahaan otomotif.

Teknik Elektronika

Image source: www.contohtesis.indotesis.com
Image source: www.contohtesis.indotesis.com

Kalau dilihat dari namanya sih mirip, sama-sama teknik. Namun pengerjaannya jauh berbeda. Jika Jurusan SMK Teknik Otomotif lebih banyak belajar tentang mesin kendaraan dan merakitnya, Jurusan Teknik Elektronika justru mempelajari hal-hal yang berbau fisika seperti tenaga listrik dan elektromagnetik.
Prospek kerjanya kamu berpeluang untuk menjadi teknisi elektro di berbagai bidang mengingat saat ini perkembangan teknologi semakin luas seperti teknisi radar, sonar, dan navigasi, teknisi network system, teknisi telekomunikasi, dan masih banyak lagi. Ngga cukup sampai disitu, lulusan dari Jurusan Teknik Elektronika juga berpeluang untuk melanjutkan studi dan menjadi tenaga pendidik di bidangnya.

Jurusan Perhotelan

Image source: http://smkn3malang.sch.id
Image source: http://smkn3malang.sch.id

Jurusan SMK yang menjanjikan lainnya adalah jurusan perhotelan. Di jurusan SMK Perhotelan siswa akan diajari seluk beluk pekerjaan di hotel. Hmm.. jurusan ini bukan untuk mencetak tukang bersih-bersih hotel atau porter ya? Tapi disini kamu akan belajar standar hotel dan pelayanan hotel. Tujuannya tiada lain untuk mencetak tenaga kerja hotel yang siap pakai dan mumpuni dari segi akademis maupun praktik. Prospek kerjanya, lulusan jurusan SMK Perhotelan dapat bekerja di hotel bintang 5 sampai yang standar internasional.

Jurusan Pariwisata

Image source: http://smk17cluring.sch.id
Image source: http://smk17cluring.sch.id

Bagi kamu yang suka jalan-jalan dan kepingin hobi kamu menghasilkan uang maka Jurusan Pariwisata cocok banget untuk kamu. Apalagi saat globalisasi gini, banyak banget lho tempat wisata yang digembar-gemborkan untuk masyarakat dunia.
Hingga saat ini banyak kok SMK yang menyediakan Jurusan Pariwisata di dalamnya, bisa dikatakan memang Jurusan Pariwisata juga termasuk jurusan tertua di SMK. Nah di jurusan ini kamu akan belajar mengenai bagaimana memandu wisata hingga bahasa asing. Ngga cuma kaya akan pengetahuan tempat wisata di dunia, Jurusan Pariwisata juga mengajarkan kamu menjadi pribadi yang baik dan memiliki etika dalam melayani jasa pariwisata. Lulusannya bisa bekerja di Biro Perjalanan Umum, Perusahaan Penerbangan. Bandar Udara, tour guide, event organizer, bahkan Pramugari. Keren kan?

Jurusan Akuntansi

Image source: http://smksaraswati1dps.sch.id
Image source: http://smksaraswati1dps.sch.id

Kalau jurusan yang ini sih dikhususkan bagi kamu yang suka hitung-hitungan. Yap! Jurusan Akuntansi akan memberi kamu skill menghitung neraca sampai tata buku keuangan. Jurusan ini cocok banget bagi kamu yang senang kerja kantoran dan menghitung keuangan.
Emang sih dalam praktiknya Jurusan Akuntansi memakan banyak waktu dan tenaga tapi kalau dilihat prospeknya jurusan ini amat menjanjikan. Lulusannya bisa bekerja di perkantoran pajak atau bagian keuangan perusahaan. Tentunya setiap perusahaan membutuhkan ahli akuntan dong untuk mengurus keuangan mereka? Jadi peluang kerjanya cukup besar dan ngga ada abisnya. Untuk kamu yang mau kuliah, Jurusan Akuntansi juga sangat bisa untuk jadi dasar kamu sebelum mengambil jurusan manajemen di universitas.

Jurusan Administrasi Perkantoran

Image source: http://1.bp.blogspot.com
Image source: http://1.bp.blogspot.com

Nah kalau jurusan yang satu ini dulunya lebih dikenal dengan nama Sekretaris. Baru-baru ini Jurusan Sekretaris berganti nama menjadi Administrasi Perkantoran. Walaupun namanya berubah namun yang dipelajari masih sama kok. Jurusan Administrasi Pekantoran mempelajari hal-hal yang bersifat administratif seperti cara membuat surat, cara pengarsipan, sampai etika perkantoran.
Lulusan dari jurusan SMK Administrasi Perkantoran dapat bekerja di berbagai aspek perusahaan sebagai tenaga administrasi atau sekretaris. Selain itu lulusan ini juga memiliki peluang di pemerintahan atau bahkan sekolah-sekolah.

Jurusan Perbankan

Image source: http://majalahouch.com
Image source: http://majalahouch.com

Hampir mirip dengan Jurusan Akuntansi, Jurusan Perbankan juga akan banyak membekali siswanya dengan hitung-menghitung. Namun bedanya jurusan perbankan akan lebih berkonsentrasi pada seluruh kegiatan yang berhubungan dengan bank seperti perhitungan uang, pembukuan, hingga dokumentasi.
Jurusan Perbankan ini nantinya selain bisa melanjutkan studi ke universitas dengan jurusan yang sama namun juga bisa langsung bekerja di bank-bank ternama karena telah memiliki basic dalam tugas-tugas perbankan.

Jurusan Pemasaran

Image source: http://smkyaphar.sch.id
Image source: http://smkyaphar.sch.id

Jurusan SMK yang menjanjikan terakhir adalah Jurusan Pemasaran. Yap pemasaran yang dalam bahasa inggris disebut marketing adalah jurusan yang mempelajari basic menjadi seorang marketing. Di Jurusan Pemasaran siswa akan mempelajari strategi pasar, kewirausaha, dan membaca peluang di dunia bisnis.
Ngga cuma sekadar belajar aja, jurusan SMK Pemasaran juga akan langsung praktik ke lapangan. Bukan hanya dari tugas praktik kerja lapangan atau magang, siswa dari Jurusan Pemasaran juga biasanya akan disediakan koperasi atau tugas-tugas praktik dalam menawarkan sebuah produk. Ups, yang dilihat disini bukan kegiatan jual-beli seperti sales ya tapi bagaimana para siswa memikirkan strategi untuk menjual produk mereka.
Prospeknya, Jurusan Pemasaran bisa terjun ke dunia kerja sebagai seorang Marketing Junior atau bahkan membuka usaha sendiri. Jangan malu, di era Masyarakat Ekonomi ASEAN seperti saat ini pasar berkembang secara global dan sebagai siswa Jurusan Pemasaran tentu kamu bisa bersaing untuk mencari peluang di dunia bisnis.

Selamat berjuang !!

Sumber
Nanda Fitri Supriani
http://papasemar.com/inilah-15-jurusan-smk-yang-menjanjikan-di-masa-depan/


1 komentar

  1. Nice infonya. terima kasih sudah berbagi inspirasi buat siswa-siswi yang hendak melanjutkan ke SMK. SMK Bisa !!!

    BalasHapus


EmoticonEmoticon