http://www.smkciledugalmusaddadiyah.sch.id/

Tips Mendapatkan Kerja Lulusan SMK – Untuk saat ini, banyak diantaranya teman-teman kita yang memang baru lulus dari SMK/SMA yang dengan terpaksa harus menganggur untuk beberapa waktu guna menunggu suatu panggilan pekerjaan.
Image result for SISWA SMK BISA

5 Tips Lolos Mendapatkan Panggilan Kerja Untuk Lulusan SMK/SMA
Kredit gambar: ciricara.com
Salah satu sebab utama yang memang kerap dijadikan alasan pihak HRD tidak merekrut mereka sebagai karyawan yaitu mereka dinyatakan kurang memiliki cukup pengalaman serta kemampuan yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pihak perusahaan dalam merekrut karyawan barunya.

Dan biasanya, hal tersbeut bisa langsung terlihat ketika proses wawancara kerja tengah berlangsung, para pelamar kerja akan terlihat lebih nervous atau grogi ketika tengah melangsungkan prosesn wawancara kerja. Dan hal inilah yang bisa membuat para pelamar kerja menjadi tegang sehingga tidak fokus serta tidak efektif ketika mereka tengah menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh pihak pewawancara kerja. Lebih-lebih keadaan nervous dapat menyebabkan para kandidat tidak dapat menjual dirinya secara optimal.

Salah satu cara yang tepat untuk mengurangi rasa grogi Anda ketika tengah melakukan proses wawancara kerja yakni dengan bersikap tenang. Sikap tenang ini bisa Anda tunjukkan dalam kemampuan yang Anda miliki saat berkomunikasi dengan pihak pewawancara, selain itu sikap yang tenang juga bisa Anda dapatkan ketika Anda memiliki pengetahuan teknik wawancara kerja yang baik dan benar.

Agar Anda bisa mencapai semua hal tersebut dengan baik serta sesuai dengan apa yang Anda inginkan, maka kami menyiapkan beberapa tips yang mungkin bisa Anda gunakan agar wawancara kerja Anda berjalan dengan lancar,yaitu sebagai berikut:

1.Anda harus memiliki teknik yang tepat agar proses wawancara kerja Anda dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Mengenai hal tersebut, mungkin Anda bisa mempelajari hal ini dari beberapa buku ataupun artikel yang saat ini telah banyak beredar di toko-toko buku ataupun di internet. Untuk soal harga, Anda tidak usah khawatir, sebab di zaman yang serba modern ini telah banyak beredar teknik menghadapi wawancara dengan tidak mengeluarkan biaya, yaitu bisa anda dapatkan pada internet.

2. Ketika Anda melamar suatu pekerjaan yang selama ini Anda inginkan, jika pihak perusahaan yang Anda lamar memberikan syarat untuk mengirimkan berkas lamaran via POS, maka sebaiknya Anda melampirkan surat lamaran kerja beserta CV yang berkaitan dengan informasi-informasi lainnya  yang Anda anggap dapat mendukung kesuksesan anda dalam pekerjaan yang nantinya akan Anda jalankan.

3. Dalam segi jabatan atau pekerjaan, tidak harus memiliki latar belakang pendidikan yang khusus misalnya S1 ataupun dokterakuntan. Maka meskipun pihak perusahaan telah mencantumkan syarat pendidikan yang mungkin tidak sesuai dengan latar pendidikan Anda, Anda jangan pernah takut untuk tetap melamar pada perusahaan tersebut.

Kenapa? Karna pihak perusahaan ketika mensyaratkan latar belakang suatu pendidikan itu biasanya hanya  merupakan suatu keutamaan saja. Walaupun nantinya ada sebagian para kandidat yang memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, tetapi memiliki kopentensi dan pengalaman yang sesuai dengan pekerjaannya, itu tidak akan menjadi suatu masalah.

4. Selain itu, usahakan ketika Anda sekolah, Anda memiliki pengalaman bekerja, mestipun hanya berupa peraktek kerja, atau bekerja paruh waktu. Dan anda disarankan untuk mencantumkan pengalaman kerja tersebut pada CV yang  Anda buat.

5. Aktivitas Anda berorganisasi saat sekolah ataupun diluar sekolah perlu Anda cantumkan juga pada CV yang Anda buat, dikarenakan biasanya aktivitas organisasi yang anda lakukan banyak memberi kematangan dalam berinteraksi dan berkomunikasi yang tentunya di butuhkan juga dalam dunia kerja .

Hal diatas adalah beberapa tips lolos wawancara kerja serta tips agar Anda dapat segera mendapatkan pekerjaan ketika Anda baru lulus sekolah, baik itu SMA,  ataupun SMK.

Sumber: http://tipskarir.com/5-tips-lolos-mendapatkan-panggilan-kerja-untuk-lulusan-smksma/#.WDJd2NKLTIV

Posting Komentar

  1. kreatif sebagai penunjang keahlian siswa untuk menghadapi persaingan kerja ketika lulus sekolah..

    www.jaketkulitasgar.com

    BalasHapus

 
Top